TANGERANG SELATAN, MENARA62.COM – Menghadapi era revolusi industry 4.0, Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) melakukan sejumlah terobosan berbasis IT dibidang kuliner. Salah satunya adalah diluncurkannya aplikasi pasar digital Jualanmind Mobile Apps. Aplikasi hasil kerjasama dengan MindStores tersebut merupakan aplikasi yang menghubungkan pemasok bahan baku dan pelaku industri jasa boga.

“Aplikasi ini, merupakan market place yang memberikan pelayanan kuliner prima dan harga terbaik se-Indonesia,” jelas Ketua Umum PPJI Irwan Iden Gobel, di sela pembukaan pameran kuliner PPJI 2019 yang berlangsung di hall 10 ICE BSD, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, aplikasi Jualanmind ini dapat membantu anggota PPJI memiliki nilai tambah yang dapat bersaing secara maksimal di pasar nasional dan internasional. Aplikasi ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dan memajukan industri kuliner Indonesia.

“Jualanmind ini mudah diakses menggunakan perangkat smartphone, tablet atau desktop, dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu anggota PPJI mengembangkan jaringan bisnisnya secara digital,” lanjut Irwan.

Untuk bergabung di Jualanmind, anggota PPJI dapat melakukan pendaftaran langsung secara online. Untuk tahap awal ada sekitar 4,000 perusahaan yang akan bergabung di Jualanmind.

Sementara itu, Ella Rizkita sebagai General Manager MindStores menjelaskan, salah satu fitur keunggulan Jualanmind adalah memudahkan pertemuan antara mitra Jualanmind terdekat yang menjual bahan baku dengan pembelinya.

“Pada aplikasi ini, pembeli dapat melakukan tawar menawar harga, jadi seperti layaknya pasar tradisional,” kata Ella.

Selain mengenalkan aplikasi Jualanmind, gelaran pameran kuliner Electric PPJI Food Festival juga menjadi ajang temu para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PPJI dari 24 propinsi di Indonesia, dengan diikuti 150 peserta. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula pelantikan 7 DPD PPJI yaitu Aceh, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Pada hari kedua, para pengurus DPP dan DPD APJI melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diadakan di Hotel Grantage, BSD.